Wanita Terserang Osteoporosis Sejak Muda

Wanita Terserang Osteoporosis Sejak Muda

Penyakit osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan tulang yang progresif, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah.Tulang terdiri dari mineral-mineral seperti kalsium dan fosfat, sehingga tulang menjadi keras dan padat. Jika tubuh tidak mampu mengatur kandungan mineral dalam tulang, mak tulang menjadi kurang padat dan lebih rapuh, sehingga terjadi osteoporosis.

Berdasarkan hasil riset, dari lima pria di Indonesia satu orang terkena osteoporosis. Terlebih lagi wanita, yang dari muda mulai berkurang hormon estrogennya lebih rentan terserang osteoporosis, dari tiga orang wanita, satu orang terkena osteoporosis.

Jumlah penduduk Indonesia yang menderita osteoporosis saat ini meningkat. Hal ini didasari jumlah perokok di Indonesia berada di urutan dua dunia di bawah China-Tiongkok.

Menurut  Prof. Dr. Ichramsjah Rachman yang juga merupakan Ketua Persatuan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), Penderita osteoporosis rata-rata berada pada usia 50 tahun ke atas. Lebih dari 50 % keretakan osteoporosis pinggang di seluruh dunia kemungkinan terjadi di Asia pada tahun 2050. Prevalensi osteoporosis pada umur kurang dari 70 tahun untuk perempuan sebanyak 18-36 %, sedangkan pria 20-27 %, untuk umur di atas 70 tahun untuk perempuan 53,6 % dan pria 38%.

(sumber : suara pembaharuan online, jumat, 2007)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: