Gamat | Gold-G | Jeli Gamat | Jelly Gamat Gold-G - Pusat penjualan jelly gamat gold-g, berguna untuk melancarkan peredaran darah, mencegah kolesterol, maag, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, diabetes mellitus dan hipertensi.

Atasi Radang Sendi dengan Gamat

Atasi Radang Sendi dengan Gamat

Radang sendi merupakan salah satu penyakit tulang yang sangat ditakuti semua orang, khususnya pada kalangan lanjut usia. Sebenarnya radang sendi ada beberapa macam. Namun yang paling sering menimpa adalah jenis osteoartritis. Osteoartritis biasanya menyerang tulang rawan sendi serta jaringan di sekitarnya. Gejalanya ditandai dengan rasa kaku, nyeri, dan menurunnya fungsi sendi. Biasanya terjadi di sekitar sendi lutut, pinggang, pinggul, jari, dan leher. Rasa nyeri dan kaku tersebut umumnya dirasakan setelah beraktivitas. Namun hal itu kemudian menghilang  setelah sendi-sendi yang terasa nyeri dan kaku tadi digerakkan selama beberapa saat.

Menurut Edward H. Yelin Ph.D dari University of California, radang sendi diakibatkan proses produksi, perbaikan, dan perawatan tulang rawan mengalami gangguan. Tulang rawan sebenarnya adalah lapisan penutup tulang sendi yang berisi kondrosit. Kondrosit menghasilkan protein keratin sulfat dan kondroitin sulfat. Bila produksi tulang rawan mengalami gangguan, secara otomatis produksi kondrosit juga bermasalah. Akibatnya kuantitas protein kondroitin pun mengalami penurunan. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi tubuh secara terus menerus, kecelakaan, maupun cidera. Efeknya, tendon, urat, dan ligamen sendi menyatu sehingga menimbulkan rasa kaku dan nyeri.

Radang sendi bila dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan tulang rawan kehilangan fungsinya. Bahkan akhirnya mengalami keretakan dan pengapuran. Biasanya hal ini terjadi pada tulang punggung, leher, dan seluruh persendian. Akibatnya, penderita tidak bisa menjaga keseimbangan dan susah berjalan.

Sebenarnya ketika radang sendi terjadi, tubuh mempunyai suatu mekanisme untuk mengatasinya. Hanya saja upaya untuk memperbaiki kondisi ini justru mengakibatkan bengkak dan pertumbuhan sendi tidak merata. Akibatnya, sendi bergemeretak ketika digerakkan.

Namun demikian tidak berarti radang sendi hanya diderita oleh kalangan lanjut usia saja. Mereka yang masih muda pun berpotensi terkena radang sendi. Radang sendi pada usia muda sering kali disebabkan oleh cidera, sendi menanggung beban terlalu berat akibat obesitas maupun beban kerja, atau bisa juga akibat infeksi.

Bagi penderita radang sendi, kini ada kabar gembira bagi Anda, telah hadir obat radang sendi, yaitu gamat. Kandungan kondroitin sulfat yang terdapat pada gamat (teripang) ternyata mampu mencegah timbulnya pengeroposan sendi yang bisa mengakibatkan radang sendi. Cara kerjanya yakni dengan membangun kembali serta memperbaiki tulang rawan. Tidak hanya itu saja, kandungan protein pada hewan laut invertebrata ini ternyata sangat tinggi, yakni mencapai 86%. Dan 80% di antaranya berupa kolagen yang berfungsi sebagai pengikat tulang dan sendi.

Gamat adalah sumber kondroitin dan glukosamin yang sangat alami. Kedua zat penting yang terdapat di dalam gamat ini tidak lain merupakan bahan dasar pembentuk tulang rawan. Bahkan keduanya berperan dalam menstimulasi tubuh agar melakukan regenerasi tulang rawan serta memproduksi synovial (cairan sendi).

Leave a Reply