Jelly Gamat Untuk Pengobatan Luka Bakar

Jelly Gamat Untuk Pengobatan Luka Bakar

Luka sedikit saja pada salah satu jaringan tubuh akan membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi terdapat luka bakar, tentu ini akan menyakitkan, belum lagi efek jangka panjang apabila terdapat luka bakar pada tubuh yang biasanya membekas dan bisa menyebabkan cacat seumur hidup.

Ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu luka bakar, jenis luka bakar dan tentu saja kita harus mengetahui bagaimana pengobatan luka bakar atau perawatan luka bakar, sehingga apabila terjadi pada kita atau orang disekitar kita, dapat ditangani dengan benar.

Apa itu luka bakar?

Luka bakar termasuk kedalam jenis luka pada jaringan tubuh yang pada umumnya disebabkan oleh api, paparan sinar matahari, benda atau cairan panas, gesekan, radiasi, sengatan listrik, zat kimia, atau bahkan disebabkan oleh hal lainnya. Jadi luka bakar disebabkan terpaparnya kulit atau jaringan tubuh oleh temperatur yang tinggi, biasanya diatas 60 derajat celcius.

Akibat yang ditimbulkan dari luka bakar

Luka bakar bisa menimbulkan kerusakan medis ringan, sedang, hingga kerusakan parah yang dapat menyebabkan kematian. Kerusakan ringan akibat luka bakar biasanya diawali dari jaringan permukaan kulit. Sementara luka bakar sedang merusak jaringan dibawah kulit. Sementara untuk luka bakar parah merusak jaringan epidermal yang artinya kerusakan sampai pada otot dan sistem saraf

Selain menimbulkan kerusakan secara fisik pada tubuh, luka bakar juga menimbulkan efek psikis seperti shock, distress pernafasan, distress emosional berupa trauma, minder dan efek psikologis lainnya akibat dari cacat permanen akibat luka bakar tersebut.

Bagaimana Pengobatannya?

Berdasarkan tingkat keparahan luka bakar, ada beberapa cara untuk mengobatinya. Untuk luka bakar ringan, pengobatan pertama dengan cara mendinginkan bagian yang terkena luka bakar tersebut serta mengoleskan krim. Sementara untuk luka bakar sedang dan parah membutuhkan tindakan medis secepat mungkin.

Untuk beberapa kasus luka bakar sedang dan parah perlu penangan cepat sebelum merusak jaringan syaraf, salah satunya dengan mengoleskan ekstrak teripang, serta meminumkannya.

Mengapa ekstrak teripang untuk mengobati luka bakar?

Regenerasi Sel

Pada teripang terdapat zat yang mampu melakukan regenerasi sel / Cell growth factor. Zat ini berguna untuk melakukan proses perbaikan sel atau lebih dikenal dengan regenerasi sel. Pada saat terjadi luka bakar, terjadi proses perusakan terhadap sel jaringan kulit atau jaringan syaraf. Karena itu dengan memberikan zat yang mampu meregenerasi sel kulit / jaringan tersebut akan baik untuk proses penyembuhan luka bakar.

Kolagen

Selain cell growth factor tadi, ada juga zat lain yang terdapat pada teripang / gamat / Timun laut yang baik untuk perbaikan kulit, yaitu kolagen. Kolagen adalah protein yang fungsinya merekatkan kembali sel-sel kulit, tulang dan bahkan otot, sehingga terjaga kekenyalannya atau untuk kasus luka bakar, patah tulang dan memar dapat mengikatkan kembali jaringan kulit atau tulang yang patah.

Jelly Gamat

Saati ini para peneliti di bidang kesehatan telah melakukan eksperimen terhadap hewan laut ini. Ternyata teripang disaat tubuhnya disayat-sayat lalu dikembalikan ke laut, luka akibat sayatan itu akan menyatu kembali. Karena itulah sebagai salah satu alternatif pengobatan terhadap luka bakar dibuatlah ekstrak dari teripang ini, yang saat ini lebih populer dikenal dengan nama Jelly Gamat Sea Cucumber.  Jelly Gamat ini selain untuk pengobatan luka bakar, dapat juga digunakan untuk pengobatan luka kecelakaan, luka pasca operasi, pengobatan jerawat dan flek hitam di wajah. Jelly Gamat, saat ini di produksi di Malaysia, dan didistribusikan ke seluruh kawasan Asia dan Australia, di Indonesia produk jelly gamat ini telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) serta memperoleh sertifikat halal.

Setelah mengetahui beberapa hal tentang luka bakar, hal-hal yang kita anggap sepele seperti luka bakar, ternyata kalau tidak ditangani dan di obati dengan baik tentu akan berakibat fatal. Oleh karena itu ada baiknya selalu tersedia obat-obat P3K untuk pertolongan pertama dan tindakan pencegahan, serta ada baiknya juga disediakan jelly gamat ini di tempat-tempat kegiatan kita. Ternyata selain untuk mengobati luka bakar, banyak manfaat lainnya dari ekstrak teripang jelly gamat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: