Latihan Untuk Melancarkan Peredaran Darah Penderita Diabetes

Latihan Untuk Melancarkan Peredaran Darah Penderita Diabetes

Latihan untuk Melancarkan Peredaran Darah penderita Diabetes

Pengerasan atau penyempitan pembuluh darah di kaki pendetita diabetes bisa mengakibatkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Sirkulasi darah yang buruk atau tidak lancar akan menimbulkan rasa dingin, panas bahkan nyeri.

Bila sirkulasi atau peredaran darah yang buruk terjadi terus-menerus, penderita diabetes akan mengalami gangguan kaki diabetik dan meningkatkan risiko amputasi bahkan kematian.

Beberapa hal dapat dilakukan untuk melancarkan peredaran darah. Salah satunya dengan latihan olahraga. Berikut beberapa latihan olahraga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah pada pasien diabetes, seperti dilansir Livestrong, Selasa (8/11/2011):

1. Aerobik
American Diabetes Association merekomendasikan latihan aerobik sebagai cara untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Bentuk olahraga aerobik yang berfokus pada tubuh bagian bawah meliputi berjalan, menari, bersepeda dan berenang. Gunakan sepatu yang nyaman untuk memberikan kakiĀ  bantalan dan dukungan selama latihan aerobik, sehingga terhindar dari luka dan lecet yang bisa menyebabkan infeksi.

2. Peregangan
American College of Sports Medicine merekomendasikan dua sesi mingguan yang menggabungkan peregangan otot-otot utama. Melakukan peregangan ekstra pada pergelangan kaki betis dan kaki dapat meningkatkan sirkulasi negatif terkena diabetes. Peregangan otot-otot tegang dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sirkulasi darah di seluruh tubuh.

3. Rotasi pergelangan kaki
Rotasi pergelangan kaki dapat meningkatkan aliran darah dan sirkulasi di pergelangan kaki, telapak kaki dan tungkai kaki. Caranya, duduk di kursi dan istirahatkan kaki di tanah.

Angkat kaki kanan kira-kira 30 cm dari tanah dan gerakan jari-jari ke arah menjauh dari tubuh. Gerakan jempol kaki membentuk lingkaran besar ke kanan. Jaga tungkai kaki dalam keadaan stabil dan biarkan pergelangan kaki dan telapak kaki yang bekerja. Setelah 10 lingkaran, ganti arah dan lakukan gerakan yang sama dengan kaki kiri.

Selasa, 08/11/2011 07:10 WIB
diolah dari detikHealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: