Keistimewaan dan Manfaat Teripang

Keistimewaan dan Manfaat Teripang

Apa itu teripang?

Pernahkah anda mendengar atau bahkan melihat hewan laut yang bernama teripang? Apa saja manfaat teripang ini ? Teripang yang dalam bahasa Inggris disebut sea cucumber atau orang melayu menyebutnya gamat adalah hewan laut yang bertubuh lunak dengan tekstur kulit yang agak kasar dan tubuhnya sepintas seperti timun. Karena bentuknya yang seperti timun itu, ada juga yang menyebutnya timun laut.

Teripang seperti hal nya beberapa jenis hewan juga memiliki spesies yang jumlahnya lebih dari 1100 spesies. Spesies teripang ini tersebar di hampir seluruh laut tropis, khususnya di lautan Hindia dan Lautan Pasifik sebelah barat. Spesies teripang ini dapat di bedakan berdasarkan pada warna dan bentuk kulit juga dari ukuran tubuh. Teripang ini ada yang berukuran satu inchi hingga berukuran beberapa meter.

 Berbagi jenis teripang dan manfaat teripang untuk kesehatan

Apa keistemawaan teripang?

Regenerasi Sel.

Sebagai hewan lunak, teripang mempunyai cara yang unik untuk mempertahankan dari dari pemangsa, yaitu dengan cara membelah dirinya sehingga organ dalam tubuhnya terburai keluar. Hal ini dilakukan untuk mengecoh dan mengalihkan perhatian pemangsanya, hingga tidak jadi memangsa. Disaat tubuhnya membelah dan mengeluarkan organ dalamnya, teripang ini tidak mati, organ dalam tubuh teripang ini dalam beberapa minggu akan tumbuh kembali.

Selain itu ada juga sistem pertahanan lain dari teripang yaitu dengan menyemprotkan ke musuh benda seperti benang dan lengket. Benang-benang ini mampu menjerat pemangsa atau musuhnya.

Sistem pertahanan lainnya adalah semacam toxin atau diistilahkan toxic holothin  yang dapat membunuh seekor ikan. Para ilmuwan mengembangkan toxic holothurin ini sebagai antiseptik alami untuk melawan sel kanker.

Ada keistimewaan lain dari teripang ini, yaitu teripang kadang-kadang membiarkan hewan-hewan kecil seperti ikan kecil ataupun belut masuk kedalam tubuhnya untuk memakan organ dalam tubuh teripang, dan tentu saja ini tidak akan membuat teripang mati, karena ia dapat kembali membentuk jaringan atau organ tubuhnya yang hilang.

Sementara pada spesies teripang lainnya, ada juga yang mampu menyambung tubuhnya setelah dipotong dan dilepaskan kembali ke laut.

Manfaat Teripang bagi Kesehatan

Pengolahan teripang ini telah dilakukan penduduk Asia, seperti Cina, Malaysia dan Indonesia sejak ratusan tahun yang lalu. Teripang selain diolah untuk makanan sehari-hari, teripang juga sering di olah dan di manfaatkan untuk menyembuhkan luka, nyeri sendi dan impotensi.

Dari ratusan spesies teripang, hanya beberapa spesies saja yang dapat diolah untuk dijadikan makanan, suplemen atau nutrisi hingga sebagai obat bagi berbagai penyakit.

Berdasarkan riset, saat ini pengolahan teripang telah dilakukan secara modern, sehingga yang digunakan untuk pengobatan adalah sari atau ekstrak teripang. Sementara bagian yang tidak bermanfaat tidak dicampur atau di olah sebagai bentuk pengobatan. Salah satu bentuk pengolahan teripang ini menjadi ekstrak adalah Gold-G Sea Cucumber Jelly / Jelly Gamat Gold-G.

Dari beberapa penelitian ekstrak teripang ini mengandung senyawa yang mampu mengatasi penyakit inflamasi, seperti arthritis dan cedera otot ataupun cedera tulang. Selain itu senyawa dari ekstrak teripang ini dapat melawan kanker. Senyawa yang disebut sebagai triterpenoid dalam beberapa penelitian mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan menghentikan pembentukan pembuluh darah baru yang dibutuhkan kanker untuk tumbuh.

Sementara dalam penelitian lainnya, asam lemak yang berasal dari teripang mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Masih banyak manfaat teripang yang berguna bagi manusia. Namun seiring dengan meningkatnya penangkapan teripang di lautan, alangkah baiknya dibarengi juga dengan melakukan penangkaran atau budi daya teripang ini agar kelestariannya tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: