Makanan Pencuri Mineral Tubuh

Makanan Pencuri Mineral Tubuh

Mineral adalah salah unsur utama yang dibutuhkan tubuh. Beberapa mineral utama yang dibutuhkan badan kita adalah kalsium, iodium, zat besi, magnesium fosfor, selenium dan seng. Kekurangan unsur mineral ini bisa mengakibatkan berbagai resiko penyakit, diantaranya :

1. Meningkatnya resiko terkena pilek dan flu;

2. Terhambatnya pertumbuhan tulang dan resiko tulang rapuh;

3. Resiko terkena tekanan darah tinggi;

4. Rentan depresi;

5. Turunnya kadar sel darah merah / anemia;

6. Resiko terkena osteoporosis dan sakit pada otot

7. Menimbulkan berbagai masalah pencernaan (mual atau diare, sembelit dan memicu timbulnya maag).

Selain itu yang patut juga diwaspadai adalah beberapa jenis makanan justru  mencuri kandungan mineral dalam tubuh kita. Apa saja makanan yang harus diwaspadai itu, berikut diambil dari Webmd dan Ehow, Senin (1/11/2010), jenis makanan yang mampu mencuri kandungan mineral dalam tubuh kita :

1. Garam (natrium)

Konsumsi makanan yang kandungan garamnya tinggi atau asin dengan berlebih bisa meningkatkan terbuangnya kalsium melalui urine, sehingga berpotensi menyusutkan jumlah kalsium pada tulang dan dapat mengakibatkan osteoporosis. Garam/natrium menjadi penghambat terhadap  penyerapan kalsium, oleh karena itu hindari konsumsi makanan olahan, seperti daging olahan (ham, hot dog), makanan siap saji (pizza, burger, kentang goreng), dan makanan kalengan.

2. Minuman bersoda

Rata-rata minuman kaleng dan bersoda terdapat kandungan asam folat. Konsumsi berlebihan akan minuman ini juga mengakibatkan meningkatnya pengeluaran kalsium pada urine.

3. Kopi dan teh

The National Women’s Health Information Center menyampaikan,  minum kopi atau teh bersamaan dengan makanan dapat mengurangi daya serap tubuh terhadap zat besi yang ada pada makanan. Selain itu kelebihan kafein pada kopi atau teh dapat melarutkan kalsium yang bisa menyebabkan tulang menjadi lemah. Oleh karenanya, Penderita anemia dan osteoporosis (tulang keropos) tidak dianjurkan mengkonsumsi kopi dan teh.

4. Sayur (terlalu matang)

Sayur-sayuran hijau apabila dimasak terlalu matang akan mengakibatkan pengurangan penyerapan zat besi, asam folat dan vitamin B12 yang ada pada sayuran. Oleh karena itu lebih baik sayuran yang akan dikonsumsi cukup dikukus setengah matang untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh kita.

5. Kedelai

Pernyataan dari College of Family Physicians, Kanada, bahwa protein yang terdapat pada kedelai mampu mengurangi bahkan menahan penyerapan unsur zat besi pada tubuh.

Sumber : Detik.com, November 2010

Penulis : Merry Wahyuningsih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: