Makanan Anak Usia 1 Tahun

Makanan Anak Usia 1 Tahun

Makanan Yang Tepat Untuk Organ Pencernaan Anak Usia 1 Tahun

Memasuki usia 1 tahun fungsi organ pencernaan anak mulai berkembang dan untuk beberapa fungsi seperti gigi susu sudah mulai siap untuk menerima makanan yang bertekstur, walaupun umumnya gigi geraham anak usia 1 tahun belum tumbuh. Organ lambung dan usus juga sudah mulai siap untuk menerima takaran lebih dengan sudah mulai menerima makanan 3 kali sehari.

makanan anak usia 1 tahun

Usia anak 1 tahun ini juga sering disebut fase transisi, fase dimana anak sudah mulai dikenalkan dan diberi makanan tambahan selain dari sumber utama makanannya yaitu Air Susu Ibu (ASI).
Pemberian makanan lain pada anak 1 tahun tetap sebagai makanan pendamping asi (MPASI). Pada tahapan ini makanan anak usia 1 tahun mulai mulai disesuaikan. Makanan padat sudah mulai diperkenalkan namun tetap dalam tekstur lembut yang mudah dikunyah dan dicerna.

Variasi makanan anak usia 1 tahun ini juga sudah dibuat dari berbagai jenis bahan, bentuk, warna dan rasa. Namun tidak semua jenis makanan boleh diberikan. Untuk bahan bahan tertentu sebaiknya tidak diberikan dulu seperti cabe dan bahan pedas lainnya karena organ pencernaan anak 1 tahun belum siap menerimanya, termasuk juga makanan yang kandungan asamnya tinggi.

Jadi perhatikan hal – hal berikut dalam pemberian makanan anak usia 1 tahun :

  1. Makanan yang diberikan adalah makanan yang mudah dicerna.
    Pilih makanan yang sudah dihaluskan terlebih dahulu agar mudah dicerna oleh lambung dan usus. Sebab organ pencernaan anak usia 1 tahun butuh penyesuaian agar lambung menjadi elastis dan nantinya akan kuat untuk mencerna makanan yang padat.
    Makanan padat yang sudah dihaluskan ini juga bermanfaat untuk membiasakan gigi susu mengunyah sekaligus memperkuat struktur gigi.
  2. Perhatikan variasi kandungan gizi dan vitamin pada makanan anak. Makanan anak usia 1 tahun ini, walaupun sebagai makanan pendamping ASI, tetap harus diperhatikan kandungan gizinya.
    Keseimbangan asupan vitamin bisa diatur dengan cara memberikan variasi makanan. Variasi makanan ini selain untuk keseimbangan asupan gizi dan vitamin, juga untuk mengetahui perilaku makan dan selera anak terhadap makanan tertentu. Hal ini perlu diketahui orang tua sebagai deteksi dini, sehingga bisa segera mengantisipasi bila ada makanan yang sangat disukai ataupun yang tidak disenangi anak, atau tidak menutup kemungkinan ada makanan yang membuat anak menjadi alergi atau pemicu alergi.

Contoh Jenis Makanan Anak Usia 1 Tahun

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa dijadikan alternatif sebagai makanan pendamping asi bagi anak usia 1 tahun :

    • Beras merah
      Dibandingkan beras putih, beras merah memiliki manfaat yang lebih unggul. Kandungan vitamin B1, B12 dab B6 yang cukup tinggi serta kandungan karbohidrat komplek mampu membantu dalam proses perkembangan dalam pembentukan energi di dalam sel tubuh anak.
      Penggunaan beras merah untuk anak usia 1 tahun dimasak dengan komposisi air yang lebih banyak agar nasi merah yang nanti akan dimakan tidak terlalu kering sehingga susah dicerna.
    • Ikan
      Tektstur daging yang lembut sangat bagus untuk anak 1 tahun. Cita rasa yang unik dari ikan juga menambah variasi baru bagi anak dalam memperkaya rasa makanannya.
      Daging Ikan kaya akan nutrisi yang membantu perkembangan otak anak. Protein rendah lemak dan mengandung selenium, kalsium, dan magnesium pada ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus mendongkrak sistem kekebalan tubuh.
    • Wortel
      Wortel memiliki warna yang menarik, rasa yang manis serta tektstur yang lembut yang baik dikonsumsi anak usia 1 tahun.
      Kandungan beta karoten dari wortel sangat baik untuk membantu perkembangan organ penglihatan anak.
    • Madu
      Pada usia sudah menginjak 1 tahun, pemberian madu kepada anak sudah relatif aman. Bagi beberapa ahli kesehatan pemberian sebaiknya diberikan setelah anak berusai 1 tahun untuk mencegah terjadinya infant botulisme. Kandungan madu sudah tidak diragukan lagi khasiat dan manfaatnya, terutama pagi anak dalam masa pertumbuhan. Madu selain memiliki rasa yang manis juga sebagai pelengkap gizi anak. Pemberian madu yang rutin dan teratur bagi anak akan menambah kekebalan dan daya tahan tubuh. Pilih jenis madu yang memang dikhususkan untuk anak balita. Madu untuk anak biasanya berasal dari nectar tanaman tertentu seperti randu/kapuk. Banyak dijual dipasaran berbagai jenis madu, namun kami menyarankan madu yang sudah dijamin keaslian dan kehigienisannya serta memang dikhususkan untuk balita, yaitu Madu Anak Antariksa.

Bahan bahan makanan di atas adalah sebagian kecil dari menu lain yang bisa diperkenalkan kepada anak. Variasi menu ini sangat perlu untuk menghindari kebosanan anak. Tapi ingat perhatikan tekstur dan kepadatan bahan makanan yang diberikan. sayuran makanan anak usia 1 tahun

Pola Makan Anak Usia 1 Tahun

Selain masalah bahan makanan untuk anak usia 1 tahun, perhatikan juga pola makanannya. Anak mulai diperkenalkan dengan jam makan yang sudah diatur 3x sehari, keteraturan ini juga bermanfaat bagi organ pencernaannya.
Pola makan berikut bisa dijadikan acuan untuk anak usia 1 tahun :

  • Untuk menu sarapan bisa menggunaka nasi merah atau juga pasta, kentang, roti dihidangkan bersama lauk dan sayuran. Pemberian bubur padat dengan telor dan irisan daging ayam cincang beserta sayuran.
  • Pada Pukul 10 pagi bisa memberikan selingan buah – buahan dengan variasi setiap harinya.
  • Untuk Menu makan siang bisa berupa nasi dengan lauk lengkap beserta sayuran. Tetap perhatikan tekstur dan kepadatan makanan.
  • Pada sore hari pukul 16 bisa memberikan camilan tambahan seperti kue.
  • Untuk menu makan malam dapat berupa nasi tim dihidangkan dengan lauk lengkap. Contohnya, ayam giling dengan wortel iris kecil ditambah tempe iris kecil diberi tomat  bisa juga diambil dari makanan  keluarga, namun bentuk irisan atau potongannya lebih kecil dan ditambah  sayuran iris lalu dimasak bersama kaldu sehingga menjadi nasi tim lengkap gizi.
  • Pemberian susu dan madu sebaiknya saat bangun tidur pagi dan sebelum tidur malam, sehingga tidak mengganggu pemberian makanan dalam sehari.

Pada dasarnya memberi makanan anak usia 1 tahun bisa dibilang tahap yang menentukan. Bagaimana pola makan anak kedepannya sangat bergantung pada masa ini. Fenomena anak susah makan yang sering terjadi saat ini bukan tidak mungkin akibat dari kesalahan dalam menjalankan pola makan pada anak memasuki usia 1 tahun.
Berbagai ulasan tentang makanan anak  usia 1  tahun di atas dapat anda coba dipadukan dengan kreatifitas dan budaya makan di keluarga. Semoga bermanfaat dan sekali lagi anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: