Menyingkap Rahasia Kedahsyatan Gamat

Menyingkap Rahasia Kedahsyatan Gamat

Mungkin Anda tidak menyangka jika hewan kecil invertebrata yang tinggal di dasar samudera ini kini menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Hewan tersebut lebih dikenal dengan sebutan gamat. Sebenarnya istilah gamat berasal dari masyarakat Pulau Langkawi di Semenanjung Malaysia. Masyarakat di sana telah mengenal gamat sudah 300 tahun lebih. Mereka memanfaatkan gamat sebagai obat luka pasca persalinan dan sunat. Selain itu masyarakat Langkawi juga menjadikan gamat sebagai obat kuat, minyak pijat, obat anti rematik,  dan obat gigi. Hanya saja pengolahan gamat masih sangat tradisional, yakni mencampurnya dengan minyak kelapa.


Gamat semakin populer karena berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal inilah yang mendorong para peneliti di berbagai belahan dunia mengadakan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kandungan gamat. Dan hasilnya, Stichopus Hermanii yang merupakan salah satu spesies gamat di antara kurang lebih 1100 spesies gamat yang ada di dunia ternyata merupakan spesies gamat yang terbaik. Stichopus Hermanii atau yang biasa dikenal dengan sebutan teripang (gamat emas), memiliki kandungan sejumlah zat penting. Sejumlah zat penting tersebut antara lain sebagai berikut:
1.    Protein
Kandungan protein gamat sangat tinggi, yakni mencapai 86,8%. Protein merupakan zat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Fungsi utama protein antara lain untuk membentuk antibodi, sumber energi, meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk dan memperbaiki sel serta jaringan tubuh, mengatur keseimbangan tingkat asam dan basa di dalam sel, melancarkan sistem pernafasan, menghasilkan enzim dan hormon. Kekurangan protein akan menyebabkan kerontokan rambut, gangguan pertumbuhan, marasmus (kekurangan gizi pada balita), busung lapar, dan lemah otot.
2.    Kolagen
Kandungan kolagen gamat mencapai 80%. Kolagen sebenarnya merupakan salah satu jenis protein yang ada dalam tubuh manusia dan menjadi struktur organik penyusun gigi, tulang, otot, sendi, dan kulit. Kolagen memiliki peranan penting dalam menjaga elastisitas kulit, mencegah penuaan dini, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi gangguan lambung, dan berperan dalam proses pembentukan tulang rawan baru. Kekurangan kolagen bisa menyebabkan penuaan dini, kulit kering dan mengalami pigmentasi, proses penyembuhan luka menjadi lambat, gangguan penglihatan, infeksi gusi, rambut rontok dan berketombe, nyeri sendi, tulang mudah rapuh, sariawan serta lidah mudah terinfeksi.
3.    Berbagai mineral penting
Mineral yang terdapat dalam gamat antara lain kalsium (menguatkan tulang), kromium (menjaga metabolisme insulin), mangan (menyeimbangkan kadar gula darah), zat besi (membentuk sel darah merah), nikel (menjaga kesehatan tulang), Cobalt Zinc (mencegah peradangan).
4.    Glokosamin dan Kondroitin Sulfat
Kedua zat ini merupakan bahan pembentuk tulang rawan, berperan dalam proses regenerasi tulang rawan, dan memproduksi synovial (cairan sendi).
5.    Omega 3
Beperan untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah hipertensi, mencegah timbulnya kerak kolesterol serta mencegah terjadinya kekentalan darah.

One Reply to “Menyingkap Rahasia Kedahsyatan Gamat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: