Dengan Jelly Gamat, Kolesterol Bukan Lagi Ancaman

Dengan Jelly Gamat, Kolesterol Bukan Lagi Ancaman

Lemak merupakan salah satu zat penting yang diperlukan oleh tubuh. Lemak merupakan sumber energi penghasil kalori tertinggi.  Salah satu komponen penyusun lemak yang memiliki peran penting adalah kolesterol. Kolesterol adalah bahan utama pembentuk hormon steroid. Kolesterol juga berperan dalam pembentukan dinding sel tubuh. Hanya saja jika kadar kolesterol terlalu berlebihan maka akan menimbulkan masalah. Kelebihan kolesterol menumpuk di dalam pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan terjadinya aterosklerosis (pengerasan atau penyempitan pembuluh darah). Aterosklerosis akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung maupun stroke. Dengan demikian, kolesterol tidak akan membahayakan tubuh selama kadarnya sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain kolesterol, komponen penyusun lemak di dalam darah lainnya adalah trigliserida, asam lemak bebas, dan fosfolipid. Keempat komponen itu selanjutnya diserap oleh usus dan diteruskan ke dalam darah. Hanya saja keempat komponen tersebut tidak larut dalam darah sehingga tidak bisa diangkut oleh darah. Agar darah bisa mengangkutnya, maka kolesterol dan komponen penyusun lemak lainnya harus berikatan dengan protein dan membentuk senyawa baru yang disebut lipoprotein. Lipoprotein bertugas mengangkut kolesterol ke seluruh sel tubuh. Lipoprotein pengangkut kolesterol ke sel tubuh ini disebut Low Density Lipoprotein (LDL). LDL dikenal sebagai lemak jahat karena memiliki kandungan lemak yang banyak. Jika terdapat kelebihan, maka kolesterol akan dikembalikan lagi oleh lipoprotein menuju ke hati. Selanjutnya kolesterol dibuang ke dalam kantung empedu dan diubah menjadi cairan empedu. Lipoprotein pengangkut kolesterol menuju ke hati disebut dengan High Density Lipoprotein (HDL). HDL disebut juga sebagai lemak baik karena kandungan lemaknya sedikit.

Kadar kolesterol yang berlebihan di dalam darah membuat kolesterol mudah menempel pada dinding pembuluh darah bagian dalam sehingga membentuk timbunan kolesterol. Akibatnya, pembuluh darah mengalami penyempitan. Inilah babak awal terjadinya penyakit jantung maupun stroke.

Kelebihan kadar kolesterol sebenarnya bisa dicegah dengan pola makan yang sehat. Yakni dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kolesterol atau mengandung banyak minyak dan lemak serta perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Selain itu, lakukan olahraga secara teratur dan perbanyak konsumsi air putih. Namun jika kolesterol terlanjur berlebihan. Anda butuh menurunkannya dengan cara yang instan melalui pengobatan. Pilihlah pengobatan secara alami sehingga dipastikan tidak menimbulkan efek samping dan aman bagi tubuh. Dan jelly gamat adalah solusi pengobatan alami untuk mengatasi kelebihan kolesterol Anda. Jelly gamat merupakan hasil ekstrak binatang laut yang dikenal dengan sebutan sea cucumber atau teripang emas spesies Stichopus Hermanii. Teripang tersebut kemudian diekstrak menjadi bentuk jelly. Di masyarakat Langkawi Malaysia, teripang emas dikenal dengan sebutan gamat. Sedangkan di China populer dengan nama Hoi Som.

Jelly gamat mengandung senyawa glikosaminoglikan. Dari hasil penelitian menunjukkan, kandungan glikosaminoglikan dalam jelly gamat mampu menurunkan kadar lemak jahat di dalam darah serta menaikkan lemak baik. Walhasil, kadar kolesterol pun tetap terjaga sehingga tidak lagi menimbulkan masalah ancaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: