Jelly Gamat Atasi Kanker Serviks

Jelly Gamat Atasi Kanker Serviks

Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang sangat ditakuti kaum wanita. Maklumlah, kanker serviks atau yang dikenal juga sebagai kanker leher rahim ini telah banyak mengakibatkan kematian. Hanya saja kanker serviks ternyata tidak mudah dideteksi. Namun demikian, bukan berarti kanker serviks tidak memiliki gejala awal. Sejumlah gejala yang biasanya ditunjukkan oleh penderita kanker serviks antara lain sebagai berikut:

(1)   Darah yang keluar saat menstruasi jumlahnya berlebihan

(2)   Vagina mengeluarkan darah dalam jumlah yang sedikit setelah selesai melakukan hubungan seksual

(3)   Vagina terasa sakit saat melakukan hubungan seksual

(4)   Keputihan yang berlebihan, mengeluarkan bau, warnanya keruh (tidak bening), dan menyebabkan rasa gatal

(5)   Pada stadium lanjut biasanya diikuti dengan berkurangnya nafsu makan, rasa sakit di bagian otot paha, sakit punggung, berat badan fluktuatif, salah satu paha membengkak, susah buang air kecil, bocornya urin dari vagina, pendarahan spontan saat menopause, nyeri panggul, dan kerapuhan tulang.

Infeksi awal hingga menjadi kanker memang membutuhkan waktu yang sangat lama, yakni sekitar 10 hingga 20 tahun. Deteksi kanker serviks bisa dilakukan dengan beberapa metode:

Pertama, Pap Smear. Tes ini merupakan cara cepat untuk mendeteksi kanker serviks.  Biayanya juga tergolong murah.  Bisa dilakukan kapan saja kecuali saat menstruasi. Prosedur pemeriksaannya adalah dengan mengambil sampel sel endoserviks (leher rahim).  Sampel ini selanjutnya diteliti lebih lanjut dengan menggunakan mikroskop untuk mengetahui ada tidaknya sel yang abnormal, peradangan ataupun infeksi. Pap Smear bisa dilakukan secara teratur, minimal satu tahun sekali.

Kedua, inspeksi visual dengan menggunakan asam asetat (IVA). Caranya, asam asetat dengan konsentrasi 3% hingga 5% dioleskan ke dalam leher rahim. Kemudian diamati sesaat untuk melihat terjadinya perubahan warna ataukah tidak. Jika terjadi perubahan warna maka ada kemungkinan terjadi infeksi serviks sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan.

Ketiga, Thin Prep. Metode ini lebih akurat dibandingkan dengan pap smear karena pemeriksaan dilakukan pada seluruh sel leher rahim. Bahkan tingkat akurasinya hampir mendekati 100%. Hasil pemeriksaan ini kemudian diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui ada tidaknya infeksi ataupun perkembangan jaringan yang abnormal.

Penyebab utama kanker serviks ini adalah seks bebas, keputihan yang berlebihan dan berlangsung terus menerus, organ kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya, merokok, serta pemakaian pembalut yang berbahan dioksin. Kanker serviks bisa dicegah dengan gaya hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan daerah genital. Untuk pengobatan bisa dilakukan secara alami. Salah satunya dengan mengkonsumsi jelly gamat. Jelly gamat adalah ekstrak dari sea cucumber (teripang emas) yang mengandung glikosida. Zat ini terbukti efektif menghancurkan sel kanker. Selain itu, jelly gamat juga kaya kolagen dan protein sehingga mempercepat regenerasi sel yang rusak akibat sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: