Jeli Gamat Sembuhkan Batu ginjal Tanpa Operasi

Jeli Gamat Sembuhkan Batu ginjal Tanpa Operasi

Ginjal merupakan organ penting yang berfungsi memfilter darah maupun cairan tubuh dari racun atau zat kimia buangan yang tidak terpakai. Dengan proses filterisasi ini, zat-zat kimia tidak lagi terbawa darah sehingga tidak akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Hasil filterisasi yang terjadi di ginjal sebagian akan dikeluarkan bersama urin. Meskipun demikian, ternyata masih saja ada sejumlah zat sisa yang tertinggal di dalam ginjal. Zat yang tersisa ini lama-kelamaan akan menumpuk lalu membentuk endapan dan selanjutnya akan menyebabkan batu ginjal.

Endapan batu ginjal ini bisa terjadi akibat makanan dan minuman, infeksi, gangguan pengeluaran urin, atau karena kelainan bawaan. Gejala seseorang mengalami batu ginjal antara lain nyeri pada bagian bawah perut, punggung, antara tulang pinggang dan tulang rusuk, perut kembung, mual, muntah, demam, air seni berdarah. Selain itu, penderita batu ginjal biasanya juga sering buang air kecil.

Batu ginjal dapat dicegah sesuai dengan jenis endapan yang terjadi. Pertama, endapan kalsium. Bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih, delapan hingga sepuluh gelas per hari. Penderita juga dianjurkan mengkonsumsi natrium selulosa fosfat, diet rendah kalsium, dan diet rendah oksalat. Pembentukan endapan kalsium bisa dihambat dengan mengkonsumsi kalium sitrat. Endapan kalsium juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti sarkoidosis, hiperparatiroidisme, kanker, maupun keracunan vitamin D.

Kedua, endapan asam urat. Endapan asam urat bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi produk hewani seperti ikan, daging, jeroan, dan telur. Kadar urin yang mengandung asam urat akan bersifat asam sehingga harus dinetralkan dengan basa (alkalis). Salah satunya dengan menggunakan kalium sitrat. Endapan asam urat juga bisa dikurangi dengan memperbanyak konsumsi air putih sebagaimana pada penderita batu ginjal akibat endapan kalsium.

Pengobatan batu ginjal tidak harus dilakukan dengan operasi. Masih ada harapan baru dengan menggunakan obat alami berkualitas seperti jeli gamat. Jeli gamat merupakan hasil ekstrak hewan invertebrata spesies Stichopus hermanii (sea cucumber/gamat emas) dalam bentuk jeli. Jeli gamat mampu menghancurkan endapan penyebab batu ginjal karena mengandung asam amino yang lengkap. Kandungan asam amino di dalam jeli gamat membantu enzim oksidase dalam menghambat terbentuknya endapan kalsium di dalam ginjal. Asam amino di dalam jeli gamat juga bekerja sama dengan enzim urikase untuk melarutkan asam urat sehingga bisa dikeluarkan bersama urin.

Jeli gamat mengandung zat penting seperti 5 sterol, 9 jenis karbohidrat, 10 mineral, 19 asam amino, 25 vitamin, dan 59 asam lemak. Semua zat penting tadi bekerja sama untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Walhasil, jeli gamat membuat tubuh menjadi sehat dan batu ginjal pun teratasi tanpa harus operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: