Gamat | Gold-G | Jeli Gamat | Jelly Gamat Gold-G - Pusat penjualan jelly gamat gold-g, berguna untuk melancarkan peredaran darah, mencegah kolesterol, maag, melancarkan fungsi ginjal, meningkatkan kadar metabolisme, diabetes mellitus dan hipertensi.

Gamat, Rahasia Penyembuh dari Dasar Samudera

Istilah gamat kini sudah tidak asing lagi. Gamat dikenal memiliki sejumlah khasiat yang luar biasa dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Istilah gamat sebenarnya berasal dari Malaysia. Tepatnya dari masyarakat di Pulau Langkawi, sebuah pulau kecil yang terdapat di Semenanjung Malaysia. Masyarakat Langkawi telah mengenal gamat hampir 300 tahun lalu. Mereka biasa menggunakan gamat sebagai penyembuh luka sunat, obat anti rematik, obat gigi, minyak pijat, obat kuat, dan untuk menghentikan pendarahan akibat persalinan.  Masyarakat Langkawi mengolah gamat secara tradisional, yakni mencampurnya dengan minyak kelapa. Kini gamat bukan lagi dikenal sebagai obat tradisional, namun telah populer hingga ke mancanegara dan dijadikan sebagai natural theraphy di sejumlah negara.

Sebenarnya gamat merupakan salah satu spesies hewan laut yang menghuni dasar samudera. Hingga saat ini terdapat lebih dari 1100 spesies gamat. Di dasar samudera, gamat memakan lumpur organik dan berfungsi sebagai pembersih pasir laut. Sehingga sangat memungkinkan hewan-hewan kecil ikut terbawa ke dalam perutnya. Hewan-hewan kecil ini biasanya akan memakan organ-organ dalam gamat hingga akhirnya menyebabkan kerusakan. Namun uniknya, organ-organ dalam yang telah mengalami kerusakan tersebut bisa pulih kembali dan berfungsi normal. Dengan cara inilah gamat pun bisa hidup sehat. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa gamat memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa. Hewan ini berkembang biak dengan membelah diri. Dari setiap hasil pembelahan tersebut kemudian akan membentuk tubuh secara lengkap. Oleh karena itu ketika gamat dipotong-potong, maka setiap bagian potongan tersebut mampu menyatu dan membentuk tubuh baru secara utuh.

Gamat juga memiliki sistem pertahanan diri yang unik. Hewan ini akan menyemburkan sejenis pasta berbentuk benang ketika ada hewan lain yang menyerangnya. Pasta yang disemburkan ke arah lawan tersebut kemudian berubah menjadi kristal sehingga membuat lawan tidak bisa berkutik. Pasta yang disemburkan gamat ini sebenarnya merupakan zat holoturin yang menjadi bagian sistem kekebalan tubuh. Selain itu, holoturin merupakan anti bakteria sehingga bisa difungsikan sebagai antiseptik. Zat ini ditengarai memiliki kemampuan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, gamat juga memiliki kandungan kolagen yang sangat tinggi. Selain kalsium, kolagen dikenal berperan penting dalam membentuk kekuatan dan kepadatan tulang. Hanya saja kadar kolagen pada seseorang makin lama kian menipis seiring dengan bertambahnya usia. Namun dengan hadirnya gamat, menipisnya persediaan kolagen pada tubuh manusia akhirnya mendapatkan solusinya.

Sayangnya tidak semua spesies gamat memiliki kemampuan dalam pengobatan. Salah satu spesies gamat yang memiliki daya regenerasi sel luar biasa dan bisa digunakan sebagai obat adalah Stichopus Hermanii (gamat emas). Jenis gamat inilah yang saat ini diolah lebih lanjut hingga akhirnya dikenal masyarakat luas sebagai obat penyembuh ajaib berbagai penyakit.

Leave a Reply