Gamat, Obat Mujarab Sekaligus Menu Menyehatkan

Gamat, Obat Mujarab Sekaligus Menu Menyehatkan

Gamat kini menjadi obat herbal modern yang patut diandalkan. Jika pada awalnya masyarakat Pulau Langkawi di Semenanjung Malaysia hanya memanfaatkan gamat untuk pengobatan tradisional, maka kini gamat telah menembus pasaran internasional. Gamat menjadi alternatif terapi modern yang mulai diperhitungkan.

Berbagai penyakit yang mampu diatasi dengan mengkonsumsi gamat antara lain seperti radang sendi, saluran pernafasan, saluran pencernaan, leukimia, luka, penyakit kulit, kanker, diabetes mellitus (kencing manis), mencegah peradangan, migrain, sembelit, mencegah kolesterol jahat, tekanan darah tinggi, antiseptik, melancarkan peredaran darah, meningkatkan stamina, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat luar biasa yang dimiliki gamat memang tidak terlapas dari sejumlah zat penting yang ada di dalamnya. Gamat mengandung zat penting berikut ini:

            Pertama, protein. Berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sistem pencernaan, melancarkan saluran pernafasan, menghasilkan enzim dan hormon. Kedua, kolagen. Berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini, mempercepat proses penyembuhan luka, meredakan gangguan maag, menyehatkan paru-paru, membentuk tulang rawan baru bersama kondroitin. Ketiga, glukosamin. Berfungsi meredakan nyeri sendi, mencegah radang sendi, meningkatkan jumlah insulin dalam darah, melancarkan sirkulasi darah. Keempat, kondroitin. Berfungsi meredakan radang sendi, menjaga elastisitas sendi, mencegah osteoporosis dan radang sendi, menjaga jaringan ligamen tulang. Kelima, mukopolisakarida. Berfungsi melancarkan peredaran darah, melancarkan kerja jantung, meredakan rasa sakit, mencegah peradangan, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi wasir, mengatasi darah tinggi. Keenam, omega 3 dan enam. Berfungsi memperlancar proses metabolisme tubuh, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat. Keenam, asam amino. Gamat mengandung 18 asam amino, 9 diantaranya adalah asam amino esensial. Asam amino berfungsi membentuk sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi, mensinergikan kerja enzim dan hormon. Ketujuh, beberapa mineral penting seperti sodium, besi, fosfor, kalsium, magnesium, kromium, dan potassium. Mineral tersebut berfungsi mensinergiskan kerja enzim dan hormon, membentuk sel darah merah, mencegah anemia, menjaga kadar gula darah. Kedelapan, antiseptik. Berfungsi mencegah infeksi akibat jamur dan bakteri serta menghambat pertumbuhan sel tumor atau kanker.

            Selain sebagai obat mujarab penyembuh berbagai penyakit, gamat ternyata juga bisa diolah menjadi santapan lezat dan menyehatkan. Beberapa menu masakan yang menggunakan bahan dasar gamat antara lain: (1) Kuchiko. Menu masakan ini sangat digemari oleh masyarakat Korea dan Jepang. Bagian gamat yang dimanfaatkan untuk membuat kuchiko adalah gonadnya; (2) Konowata (usus kering). Merupakan salah satu masakan Jepang yang berbahan dasar usus gamat; (3) Hoi Som. Merupakan masakan berbahan dasar gamat (teripang) berasal dari Cina; (4) Kerupuk. Bagian gamat yang bisa diolah menjadi kerupuk adalah otot dan bagian badannya. (5) Capcay dan bakso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: