Gamat Menjadi Obat Mujarab Alami

Gamat Menjadi Obat Mujarab Alami

Gamat Menjadi Obat Mujarab Alami

Mungkin sebelumnya tidak ada yang menyangka jika Stichopus Hermanii (gamat emas atau teripang) ternyata merupakan binatang pembawa berkah dari dasar samudera. Mengapa? Karena Stichopus Hermanii yang kini lebih populer disebut gamat tersebut memiliki sejumlah khasiat yang luar biasa. Gamat memiliki kemampuan regenerasi yang sangat cepat. Jika Anda memotong tubuhnya hingga beberapa bagian, maka dalam tempo sekitar dua jam kemudian, masing-masing potongan tubuh tadi akan tumbuh menjadi tubuh baru yang lengkap. Kemampuan regenerasi gamat yang menakjubkan itu tidak lain disebabkan oleh kandungan protein dan kolagennya yang sangat tinggi. Gamat mengandung sekitar 86,8% protein dan 80% kolagen. Kedua zat ini membantu meregenerasi sel atau jaringan tubuh yang rusak atau bahkan telah membusuk sehingga bisa kembali pulih dan berfungsi normal lagi.

Selain memiliki kemampuan regenerasi sel yang luar biasa, gamat juga mengandung sejumlah zat penting yang diperlukan tubuh, antara lain:

(1)    Mukopolisakarida

Berperan sebagai pengencer darah alami, mencegah gagal jantung, mencegah stroke, mengurangi nyeri sendi, dan menenangkan syaraf.

(2)    Glukosamin dan kondroitin sulfat

Kedua zat ini adalah bahan dasar pembentuk tulang rawan. Keduanya berperan dalam proses regenerasi tulang rawan dan produksi synovial (cairan sendi).

(3)    Kolagen

Kolagen bekerja sama dengan mukopolisakarida, glukosamin, dan kondroitin sulfat dalam memelihara elastisitas dan kecantikan kulit, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

(4)    Omega 3

Omega 3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung, mengatur kekentalan darah, mencegah kerak kolesterol, dan mencegah hipertensi.

(5)    Antioksidan

Jenis antioksidan yang dihasilkan gamat adalah vitamin E dan enzim SOD. Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan sel. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan dan kulit tubuh cepat rusak serta mengalami penuaan.

(6)    Sejumlah mineral penting seperti nikel, zat besi, kalsium, kromium, mangan, dan cobalt zinc.

Kandungan zat penting pada gamat ini bisa dimanfaatkan lebih lanjut sebagai obat berbagai penyakit. Selama ini, pemanfaatan gamat sebagai obat tradisional antara lain digunakan sebagai:

(1)   Penyembuh penyakit radang sendi

Gamat merupakan sumber glukosamin dan kondroitin alami. Keduanya mampu meregenerasi tulang rawan serta memproduksi synovial (cairan sendi). Dengan peran ini, radang sendi pun bisa diatasi.

(2)   Pengobatan luka

Kandungan kolagen dan protein gamat yang sangat tinggi berperan dalam meregenerasi sel atau jaringan yang mengalami kerusakan sehingga bisa pulih kembali dan berfungsi dengan normal.

(3)   Obat Asma

Salah satu penyebab asma adalah enzim lipoksigenase. Enzim tersebut memacu timbulnya kerusakan saluran pernafasan sehingga menimbulkan asma. Produksi enzim lipoksigenase bisa dihambat dengan asam lemak metiltetradekanoik yang diproduksi oleh gamat.

Berbagai penyakit lain yang berhasil diatasi dengan gamat antara lain seperti leukimia, diabetes, kanker, dan gangguan saluran pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: