Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan

Cara mengatasi anak susah makanCara mengatasi anak susah makan. Anak susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu. Berbagai usaha dilakukan untuk mencari cara mengatasi anak susah makan.

Berbagai cara seolah tidak berhasil dilakukan untuk mengatasi anak yang sulit makan. Bahkan tak jarang para ibu menjadi tertekan dan stress dalam menghadapi buah hatinya karena  diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak hanya mau jajan saja atau mungkin hanya makan yang itu-itu saja dan susah makan makanan yang bergizi untuk kebutuhan tumbuh kembangnya.

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan anak susah makan. Apabila diambil garis besarnya  terdapat 2 faktor yang menyebabkan anak susah makan, yaitu  faktor fisik dan faktor psikis.

Faktor Fisik

anak sariawan susah makanPada kondisi ini faktor penyebab anak susah makan karena adanya gangguan pada organ percernaannya ataupun pada organ lain yang secara tidak langsung berhubungan  dengan pencernaannya, misalnya ada infeksi pada usus, sariawan pada mulut, gangguan pada gigi atau pada umur tententu saat anak ada pergantian gigi susunya. Pada faktor fisik ini memang diperlukan perhatian dari orang tua untuk melihat kondisi dimana anak yang tadinya tidak ada masalah dengan makannya, tiba-tiba menjadi anak yang susah makan.  Pada orang tua yang sibuk bekerja, kadang menyerahkan makan anak pada asisten rumah tangga, hal ini tidak mengapa namun sebagai orang tua harus terus menanyakan kepada asisten rumah tangganya bagaimana pola makan si anak? jangan dilepas begitu saja.

Faktor Psikis

anak susah makan dipaksa makan Kondisi anak susah makan juga bisa disebabkan adanya permasalahan pada psikologis anak. Apabila dibahas satu persatu banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan psikologis anak terganggu sehingga menyebabkan anak susah makan. Diantaranya anak sering dipaksa makan makanan yang memang dia tidak suka, pengenalan makanan baru tidak dilakukan dengan cara yang baik. Hal ini bisa menyebabkan anak menjadi trauma. Contoh lainnya bisa saja karena suasana makan yang tidak menyenangkan, sehingga anak akan merasa makan menjadi sesuatu yang tidak mengenakkan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Memperhatikan 2 faktor di atas lalu bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan? Beberapa tips atau cara berikut bisa menjadi rujukan atau mungkin perlu diterapkan, untuk membantu mengatasi anak yang susah makan :

  1. Rutin Memeriksa / Memantau kondisi kesehatan Anak.

Sebagian anak ada yang apabila dia merasa sakit tidak pernah disampaikan ke orang tua. Hanya dipendam sendiri saja. Untuk anak yang seperti ini, kalau tidak ada perhatian dari orang tua tentu sangat tidak baik untuk perkembangannya apalagi berdampak pada nafsu makannya. Oleh karena itu sebagai orang tua kita perlu terus memantau kondisi kesehatan anak agar sedini mungkin bisa mencegah hal-hal yang berdampak buruk pada kesehatannya.

  1. Sering Memperkenalkan makan baru dengan cara yang menyenangkan.

anak susah makan ajak masakMemperkenalkan makanan baru baiknya dilakukan sedini mungkin, saat anak sudah beranjak usia 2 tahun. Perkenalkan anak dengan sebanyak mungkin jenis-jenis makanan yang baik. Misalnya memperkenalkan anak dengan sayuran. Banyak sekali jenis sayuran yang bisa dikenalkan ke anak. Namun hal penting yang perlu menjadi perhatian adalah cara memperkenalkan anak dengan makan baru tersebut, misal sayuran. Sayuran secara rasa memang tidak enak. Namun bisa dipilih dulu dengan memperkenalkan sayuran yang secara rasa cenderung netral, misalnya mentimun atau brokoli. Ajak anak mengenal terlebih dahulu secara bentuk, buat suasan menyenangkan dengan cara bermain. Ajak anak memilih sayuran tersebut dipasar atau supermarket, setelah itu ajak anak mencuci sayuran tersebut, lalu bersama-sama memasaknya dan menghidangkannya. Sajikan sayuran tersebut dengan porsi kecil dahulu, setelah terbiasa lalu sajikan dengan porsi ditambah. Setelah anak suka lalu lakukan pola ini untuk jenis sayuran yang berbeda. Pola ini tidak hanya berlaku untuk sayuran, tapi bisa dilakukan untuk jenis makanan lainnya, semisal ikan atau daging.

  1. Penyajian Makanan yang menarik.

Secara psikologis, anak sangat suka dengan sesuatu yang berwarna warni dan bentuk yang lucu. Ini bisa diterapkan pada menu makanan yang akan disajikan pada anak. Buat lah makanan anak tersaji dengan warna yang menarik (ingat apabila ada pewarna gunakan lah pewarna makan yang alami). Sajikan nasi atau lauk pauknya dalam bentuk yang lucu kegemaran anak. Orang tua bisa mencari literatur ini di internet.  Banyak sekali tips dan trik menarik dan kreatif dalam menyajikan makanan buat anak kesayangan kita. Ini salah satu website yang menyajikan aneka menu dan resep makanan bagi anak susah makan.

  1. Buatlah makan menjadi saat yang ditunggu-tunggu anak.

anak senang makanIbarat anak sangat antusias menunggu tontonan favoritnya. Jadikan juga saat makan menjadi saat yang favorit juga bagi anak. Salah satu caranya adalah membuat saat makan menjadi saat yang menyenangkan. Hindari hal-hal negatif yang bersifat menakuti, memarahi atau menghukum, yang membuat anak menjadi tertekan dan terancam. Setelah anak sedikit dewasa, selalu luangkan waktu untuk makan bersama, jadikan saat makan sebagai wadah orang tua untuk menanyakan kegiatan sehari-hari anak. Ingat saat ini pun jangan dijadikan tempat untuk memarahi anak, tapi biarkan saja sebagai waktu anak untuk bercerita atau menyampaikan semua hal yang dialaminya.

  1. Selalu sediakan suplemen tambahan bagi anak.

Anak dalam masa pertumbuhan tentu saja membutuhkan banyak sekali asupan gizi. Kebutuhan akan kandungan gizi ini kadang tidak tercukupi dengan makanan sehari-hari yang disajikan. Tidak ada salahnya sebagai orang tua perlu menyediakan dan memberikan tambahan suplemen atau vitamin yang tentu saja diperuntukkan bagi anak. Diantaranya sari kurma dan madu. Madu sudah tidak diragukan lagi khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan manusia. Sediakanlah madu yang berkualitas bagus dan memang diperuntukkan khusus buat anak. Salah satu yang direkomendasikan adalah Madu Anak Antariksa.

Video Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Berikut liputan dari nettv yang dicuplik dari youtube dimana dibahas secara lengkap cara mengatasi anak susah makan. Selain berbagi tips dan solusi anak susah makan, disajikan juga berbagai resep makanan yang bisa menjadi ide bagi para orang tua dalam mencari menu alternatif dalam menyajikan makanan yang cocok buat anaknya yang susah makan.

 

Demikian sedikit ulasan tentang cara mengatasi anak susah makan. Mudah-mudahan cara-cara di atas bisa bermanfaat bagi para orang tua umumnya dan anak-anak. Sekali lagi yang dibutuhkan hanya kreatifitas dan niat yang kuat agar mampu meningkatkan kualitas hidup buah hati dan seluruh anggota keluarga.

3 Replies to “Cara Mengatasi Anak Susah Makan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: