Atasi Penuaan Dini dengan Jelly Gamat

Atasi Penuaan Dini dengan Jelly Gamat

Atasi Penuaan Dini dengan Jelly Gamat 

Penuaan dini menjadi sesuatu yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Maklumlah, mereka selalu ingin tampil cantik dan menarik sepanjang masa. Sayangnya, kecantikan dan keindahan kulit tidak selamanya bisa dipertahankan. Kulit pun mengalami garis-garis halus yang akhirnya mengakibatkan keriput. Ironisnya, hal ini bisa terjadi sebelum waktunya atau lebih tepatnya disebut sebagai penuaan dini.

Penuaan dini sebenarnya adalah proses penuaan kulit yang terjadi sebelum waktunya. Jadi tidak mengherankan jika seorang wanita yang berumur 20 tahun ternyata bisa mengalami garis-garis kerutan pada wajahnya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Pada usia muda, proses regenerasi kulit berlangsung setiap 28 hingga 30 hari. Sehingga setiap siklus tersebut kulit baru akan munculnya. Hanya saja seiring dengan bertambahnya usia, siklus regenerasi kulit semakin panjang. Menginjak usia 50 tahun, regenerasi kulit membutuhkan waktu hingga 37 hari. Cepat lambatnya proses regenerasi kulit ini sangat dipengaruhi oleh pasukan kolagen untuk kulit. Kolagen adalah komponen utama penyusun lapisan dermis. Kolagen sebenarnya merupakan senyawa protein yang tersusun dari asam amino alanin, arginin, hiroksiproline, lisin, glisin, dan prolin. Hanya saja produksi kolagen akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia. Akibatnya, pasukan kolagen untuk kulit pun mengalami pengurangan sehingga tidak mencukupi kebutuhan. Dampaknya, kulit kehilangan elastisitasnya, terlihat kering, dan tampak kusam.

Proses penuaan kulit terdiri dari dua jenis. Pertama, chronological aging (penuaan kronologi). Hal ini ditandai dengan adanya perubahan struktur, fungsi, dan metabolik kulit seiring dengan pertambahan usia. Pada proses ini biasanya kulit terlihat kering, tipis, muncul garis-garis halus, dan terjadinya age spot (pigmentasi kulit). Kedua, photo aging. Proses ini disebabkan menurunnya pasokan serat elastin dan kolagen untuk kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet secara berlebihan bisa mengakibatkan kerusakan kulit akibat terbentuknya enzim proteolisis yang dihasilkan oleh radikal bebas. Enzim proteolisis tersebut akan memecahkan kolagen maupun jaringan penghubung yang terletak di bawah lapisan kulit dermis. Akhirnya, kulit pun mengalami penuaan dini.

Secara umum, faktor penyebab penuaan dini ada dua hal. Pertama, faktor internal. Faktor ini alami terjadi sehingga tidak mungkin dihindari. Misalnya pengaruh genetik, kondisi kejiwaan (stres), pengaruh hormonal, kesehatan, dan kekebalan tubuh. Kedua, faktor eksternal. Penyebab utamanya meliput: (1) Radikal bebas, merupakan molekul ganas yang bisa merusak sel-sel dan jaringan tubuh semisal jaringan kolagen. Radikal bebas terjadi akibat kerusakan lingkungan, polusi udara, pencemaran air, maupun perubahan cuaca yang bisa menyebabkan terganggunya proses pertumbuhan kolagen; (2) Sinar ultraviolet, titik puncaknya terjadi antara pukul 10.00 – 15.00; (3) Kelembaban udara yang tidak stabil dan terlalu tinggi.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa penyebab utama penuaan dini adalah tidak terpenuhinya kebutuhan kolagen untuk kulit. Penuaan dini bisa dicegah jika asupan kolagen tercukupi. Oleh karena itu kulit membutuhkan suplemen kolagen. Dan suplemen kolagen terbaik untuk kulit ada pada jelly gamat. Jelly gamat merupakan obat alami karena diekstrak dari gamat emas (teripang) dan mengandung 80% kolagen. Kandungan kolagen yang cukup tinggi pada jelly gamat bisa menjamin tercukupinya asupan kolagen pada kulit. Walhasil, penuaan dini bisa dicegah. Dan kulit pun bisa tetap elastis, kencang, dan terlihat cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: